Tantangan Dispendukcapil Kabupaten Pacitan dalam pelayanan administrasi kependudukan terpadu, datang silih berganti. Seperti halnya, hari ini (6/12) pelayanan dilaksanakan di Desa Belah, Kecamatan Donorojo terjadi insiden mati listrik. Hal tersebut menyebabkan pelayanan terhenti sejenak. Sehingga pemohon harus bersabar guna mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan.

“Pelayanan hari ini mengalami kendala mati listrik, secara otomatis layanan terhenti seketika, karena pada dasarnya basis dari pelayanan administrasi kependudukan menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Untuk mengakses SIAK tersebut harus terkoneksi dengan internet,” tutur Anis Susilowati, Kasi Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Pacitan.

Namun adanya insiden tersebut tidak menghentikan semangat Dispendukcapil yang bekerjasama dengan pihak desa untuk mendapatkan jalan keluar. Genset menjadi penyelamat pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan tersebut. Sembari menunggu genset menyala kurang lebih 45 menit, permohonan pemohon tetap didaftarkan terlebih dahulu dengan menggunakan pencahayaan senter seadannya. “Dispendukcapil akan terus berupaya memberikan pelayanan prima dengan berbagai macam kendala yang terjadi dilapangan “Lanjutnya.

Sesuai misi Bupati Pacitan yakni menciptakan birokrasi pemerintah yang inovatif, profesional dan melayani, Dispendukcapil Kabupaten Pacitan tetap mengedepankan pelayanan yang profesional guna memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan masyarakat.
(DispendukcapilPacitan/DiskominfoPacitan).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *